Life & health

Semakin Fokus, Ini 4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata!

By : Her World Indonesia - 2024-06-27 12:00:01 Semakin Fokus, Ini 4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata!

Teknologi kini sudah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, saat bekerja, hingga sebelum tidur, gawai selalu ada di genggaman. Meski integrasi teknologi memudahkan semuanya, kehadirannya memberikan efek negatif, salah satunya adalah menurunkan kesehatan mata. Sebab, setiap harinya mata ikut terpapar sinar biru dari layar gawai yang bisa membuatnya jadi kering, pandangan kabur, dan semacamnya. 

Terkadang hanya mengistirahatkan matamu sejenak belum tentu bisa memperbaiki kondisi mata yang letih karena ada banyak ragam faktor yang memengaruhinya. Apabila kamu memiliki masalah yang sama, cobalah untuk melakukan sederet cara sederhana di bawah ini yang bisa menjaga kesehatan mata di kala kesibukkan menatap layar gawai selama berjam-jam.

1. Beri Jarak antara Gawai dengan Mata

(Hindari menempatkan layar laptop terlalu bawah dari arah pandangan karena bisa mengganggu mata. Foto: Dok. Christina Morillo/Pexels)

Tips yang satu ini sering dinilai tidak penting sehingga jarang dilakukan. Ketika matamu harus fokus dan gawai seperti laptop ditempatkan terlalu dekat, mata akan tertekan sehingga tegang. Untuk mengatasinya, cukup posisikan gawai pas di depan, sejajarkan dengan panjang lengan. Kemudian, pastikan layarnya sedikit lebih rendah dari garis pandangan untuk membantu mengurangi tekanan pada mata dan lebih nyaman.

(Baca juga: Mayapada Healthcare Hadirkan Mayapada Eye Centre!)

2. Terapkan 20-20-20 Rule


(Beri jeda untuk mata dengan melihat objek lain selain layar laptop. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Pandangan yang mulai pudar menandakan kondisi mata yang kelelahan. Alhasil hanya mengedipkan mata saja tidak cukup untuk benar-benar mengistirahatkannya. Kamu bisa menerapkan cara 20-20-20 rule: istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat suatu objek yang berjarak 20 kaki atau enam meter selama 20 detik. Dengan rutin menerapkan cara ini selama menggunakan gawai dapat mengurangi potensi kekeringan dan ketegangan pada mata.

3. Hindari Bermain Gawai di Ruangan Redup

(Mata akan cepat kering dan tegang saat bermain handphone di ruangan gelap. Foto: Dok. mikoto.raw Photographer/Pexels) 

Ketika menatap layar atau bahkan membaca di ruang gelap, mata akan dituntut untuk bekerja lebih keras menangkap cahaya dan fokus. Lama kelamaan, tindakan tersebut dapat membuat mata menjadi lebih letih, sulit fokus, hingga akhirnya kering. Biasanya mata akan langsung merasa perih dan pandangannya kabur. Pilihlah warna lampu putih hangat hingga putih agar ruangan lebih terang dan bisa senada dengan brightness dari layar laptop. 

4. Pilih Makanan yang Bernutrisi

(Kacang dapat menjadi alternatif camilan yang sehat untuk mata. Foto: Dok. David Disponett/Pexels)

Selain mengatur faktor eksternal, penting untuk kamu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mata membutuhkan nutrisi secara alami untuk menjaga kondisi primanya. Dibandingkan memilih makanan manis, cobalah untuk lebih sering makan makanan yang kaya akan zinc, vitamin C, atau vitamin E. Salah satu makanan yang sekaligus bisa jadi camilan adalah kacang-kacangan seperti mete, kenari, dan semacamnya. Kacang mengandung Omega-3 dan vitamin E yang dapat mencegah mata merasa kering. 

(Baca juga: Tidur Semakin Nyaman, Lakukan 3 Tips Menata Kamar Tidur Ini)

Kamu mungkin tak bisa sepenuhnya terlepas dari gawai karena tuntutan kerjaan. Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan beberapa hal sederhana yang bisa mengurangi risiko kerusakan mata akibat menatap layar selama berjam-jam. Langkah-langkah kecil tersebut pun dapat membuat matamu lebih nyaman dan fokus saat bekerja.


(Penulis: Zahrah Pricila)


Life & health