Hair & beauty

Mengenal Hot Oil: Teknik & Manfaatnya Untuk Rambut Rusak

By : Her World Indonesia - 2024-06-25 17:00:02 Mengenal Hot Oil: Teknik & Manfaatnya Untuk Rambut Rusak

Rambut yang tampak kusam, kering, dan rusak tak cukup hanya dirawat dengan sampo dan conditioner saja. Perlu adanya perawatan ekstra yang mendalam untuk bisa memperbaiki kerusakannya. Hot oil atau minyak panas menjadi salah satu perawatan tambahan yang aman digunakan untuk berbagai jenis rambut, mulai dari rambut yang diwarnai hingga yang sensitif. Keunggulan dari minyak panas ini terletak pada bahan-bahan alami yang digunakan sehingga dapat dibuat di rumah tanpa kamu perlu menghabiskan banyak biaya seperti perawatan di salon. Menarik bukan? Sebelum mengetahui manfaat minyak panas selengkapnya, yuk kenali terlebih dahulu bagaimana cara kerja minyak ini pada rambut!


Cara Hot Oil Atasi Masalah Rambut


(Hot oil mempermudah penyerapan nutrisi pada helaian rambut. Foto: Dok. Element5 Digital/Pexels)


Perawatan minyak panas menggunakan minyak nabati (plant-based oil) yang telah dihangatkan, lalu diaplikasikan secara lembut pada rambut. Proses pemanasan ini membantu penyerapan minyak lebih mudah di rambut. Tak hanya itu saja, minyak panas berfungsi untuk melapisi helaian rambut dan menyegel kutikula, lapisan terluar batang rambut. Kutikula yang rapat akan membuat rambut terasa lebih mulus.


Minyak kelapa, zaitun, jojoba, dan bunga matahari biasanya menjadi pilihan minyak banyak orang. Namun, kamu tetap bisa memilih minyak rambut yang diinginkan sesuai dengan masalah rambutmu. Sekilas tip, hindari memanaskan minyak pilihanmu di microwave karena panasnya yang intens bisa berpotensi merusak kandungan di dalamnya. Kamu bisa beralih menggunakan teknik double boiler yang menggunakan dua panci sekaligus saat memanaskan minyak.


(Baca juga: 3 Paduan Bahan Alami DIY Body Scrub Untuk Atasi Kulit Kering)


Manfaat Hot Oil Untuk Rambut


Selain menghaluskan rambut, terdapat beberapa manfaat perawatan minyak panas untuk kesehatan rambut yang jarang diketahui!


1. Membantu Pertumbuhan Rambut

(Rambut tumbuh lebih cepat dan sehat dengan hot oil. Foto: Dok. Bennie Lukas Bester/Pexels)


Rambut secara alami akan tumbuh satu cm setiap bulannya. Namun, terdapat berbagai faktor internal dan eksternal yang bisa mempengaruhi pertumbuhannya, mulai dari usia, genetik, hingga hormon. Jadi tak jarang pertumbuhan rambut ini lebih mudah terhambat di sebagian orang. Apabila ingin membantu pertumbuhan rambut, pemakaian hot oil bisa menjadi alternatif. Saat memijat kepala dengan minyak panas, sirkulasi darah pada saraf yang ada di bawah kulit kepala akan meningkat. Proses ini nantinya akan merangsang folikel yang tak aktif sehingga membantu pertumbuhan rambut.


2. Mengurangi Ketombe


(Atasi kulit kepala kering dan ketombe dengan hot oil. Foto: Dok. freepik)


Kamu punya masalah ketombe yang sulit dihempaskan dengan sampo biasa? Itu tandanya kamu wajib mencoba hot oil sebagai alternatif perawatan rambutmu! Namun, kamu perlu memilih jenis minyak yang spesifik untuk atasi masalah ketombe ini, salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak yang satu ini memiliki kandungan asam lemak sehingga dapat membantu meringankan iritasi, menenangkan kulit kepala yang kering dan terkelupas, dan menyeimbangkan mikrobioma (mikroorganisme) yang ada di kepala. Meski tidak memberikan efeknya secara instan, cobalah untuk rutin menggunakannya sebelum keramas.


3. Menjaga Keratin Rambut


(Rambut tampak berkilau dengan rutin memakai hot oil. Foto: Dok. Ali Pazani/Unsplash)


Keratin merupakan protein alami yang ada di setiap helaian rambut, kulit, organ, dan juga kelenjar. Biasanya rambut yang kekurangan keratin akan tampak kusam dan kusut sehingga sulit diatur. Tak hanya itu saja, minimnya keratin ini bisa mempengaruhi seberapa banyak dan cepat pertumbuhan rambutmu. Umumnya orang-orang akan pergi ke salon untuk melakukan perawatan keratin agar rambut lebih berkilau dan sehat. Namun, kini kamu bisa merasakan manfaat serupa dengan menggunakan minyak panas di rumah saja. Sebab, minyak panas dapat membantu menutrisi kulit kepala dengan menyerap protein dan kalsium secara mendalam.


4. Mengatasi Rambut yang Mengembang


(Frizzy hair ditandai dengan rambut yang kering. Foto: Dok. Niklas Hamann/Unsplash)


Rambutmu sering tampak keriting, kaku, kering, atau bahkan helaian rambut seperti terpecah-pecah? Itu tandanya kamu memiliki frizzy hair atau rambut mengembang. Permasalahan rambut ini seringkali membuat diri jadi badmood. Meski penyebabnya bisa beragam, rambut mengembang umumnya terjadi karena hilangnya minyak alami sehingga rambut menjadi lebih kering. Dengan menambahkan minyak panas, kelembapan rambut akan kembali secara alami. Sebab, proses pemanasan minyak membuat kandungan di dalamnya lebih halus dan mudah menembus helaian rambut.


(Baca juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Bengkuang Untuk Kecantikan Kulit)


Hot oil menjadi alternatif perawatan rambut yang praktis tanpa perlu mengeluarkan biaya secara berlebihan. Meski begitu, hot oil ini tidak selalu cocok untuk semua jenis kulit kepala. Jadi, sebelum memakainya, cobalah untuk lakukan test patch pada sebagian area kecil kulit. Lalu, pastikan kamu keramas terlebih dahulu sebelum menggunakan hot oil pada rambut agar membantu kandungan minyak menyerap lebih baik. Selamat mencoba! 


(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty