Life & health

Jika Sedang Merasa Insecure, 5 Lagu Ini Siap Menemani Kamu

By : Her World Indonesia - 2024-06-26 18:00:01 Jika Sedang Merasa Insecure, 5 Lagu Ini Siap Menemani Kamu

Rasa insecure merupakan perasaan tidak aman atau kurang percaya diri yang sering kali menghantui banyak orang. Gejala-gejala insecure bisa beragam, mulai dari merasa cemas, rendah diri, hingga merasa tidak berharga. Pemicu dari rasa insecure juga bisa berasal dari berbagai faktor, seperti tekanan sosial, pengalaman masa lalu, hingga pengaruh media sosial yang kerap menampilkan standar kecantikan dan kesuksesan yang tidak realistis.


Ketika kamu merasa insecure, efeknya bisa merambah ke berbagai aspek kehidupanmu. Rasa tidak aman ini bisa mempengaruhi hubungan pribadi, karir, bahkan kesehatan mentalmu. Kamu mungkin merasa sulit untuk membangun hubungan yang sehat karena selalu merasa tidak cukup baik untuk orang lain.


(Baca juga: Dengerin Ini, 5 Lagu Terbaik Untuk Apresiasi Diri Sendiri)


Namun, penting untuk kamu sadari bahwa merasa insecure adalah hal yang manusiawi. Kamu hanya perlu menerima perasaan dan emosi yang kamu alami. Dengan menerima perasaan tersebut, kamu bisa lebih memahami dirimu sendiri dan menyadari bahwa ketidaksempurnaan adalah bagian dari kehidupan sehingga kamu tidak harus sempurna untuk merasa cukup. Kamu cukup dengan apa adanya dirimu. 


Alih-alih tenggelam dengan perasaan tersebut, kamu bisa mulai menenangkan dirimu dengan mendengarkan lagu-lagu yang relatable sehingga kamu bisa melanjutkan aktivitas kamu perlahan-lahan tanpa merasa terbebani. Jika kamu bingung, berikut ini lima rekomendasi lagu yang bisa kamu dengarkan saat merasa insecure.


1. Yura Yunita - Tutur Batin


(Yura Yunita - Tutur Batin. Foto: Dok. Spotify) 


Lagu "Tutur Batin" dari Yura Yunita menghadirkan lirik yang penuh makna tentang penerimaan diri dan kepercayaan pada suara hati. Yura menyampaikan pesan bahwa penting untuk mendengarkan dan memahami dirimu sendiri, meskipun kadang perasaan tidak aman menghampiri. Dengan melodi yang menenangkan, lagu ini bisa menjadi pengingat bahwa kamu tidak sendirian dan perasaanmu adalah hal yang valid.


Aku tak sempurna

Tak perlu sempurna

Akan kurayakan apa adanya


2. Sara Kays - Smaller Than This


(Sara Kays - Smaller Than This. Foto: Dok. Spotify)


Lagu ini sangat cocok untuk kamu yang sering merasa terjebak dalam standar yang dimiliki orang lain dan cenderung tidak realistis. Sara Kays dengan suara lembutnya menyampaikan bahwa kamu lebih dari sekadar penampilan fisik dan bahwa setiap orang memiliki nilai yang tak tergantikan. Lagu ini siap menemani kamu untuk melihat dirimu dengan cara yang lebih positif dan penuh kasih.


I’ll reach it but swear I look just like I did from the start

I know that it's not true but I feel like I'm the only one


3. AGUST D - So Far Away



Salah satu lagu terbaik yang diciptakannya, AGUSTD atau SUGA dalam lagu ini menggambarkan perasaan keterasingan dan ketidakpastian yang sering kali menyertai proses kehidupan. Namun, melalui lirik yang mendalam, dia juga menawarkan harapan dan dorongan untuk terus maju meski keadaan terasa berat. Lagu ini mengingatkanmu bahwa perjalanan hidupmu mungkin tidak mudah, tetapi kamu selalu memiliki kekuatan untuk bertahan dan menemukan tujuanmu.


Dream, wherever you might be

It will be lenient

Dream, you will fully bloom

After all the hardships


4. Maddie Zahm - Fat Funny Friend


(Maddie Zahm - Fat Funny Friend. Foto: Dok. Spotify)


Lagu ini akan membawa kamu kembali pada pengalaman yang selalu merasa kurang karena terus dibandingkan dengan orang lain. Melalui liriknya, Maddie mengajak kamu untuk menerima diri apa adanya dan memahami bahwa keunikan apapun yang kamu miliki adalah sesuatu yang patut dihargai. Lagu ini bisa menjadi anthem bagi kamu yang terus merasa insecure.


I say I'm okay

'Cause they wouldn't care anyway

And I could try to explain

But my efforts in vain


5. girl in red - i need to be alone



"I need to be alone" dari girl in red adalah lagu yang cocok didengarkan saat kamu merasa perlu waktu untuk diri sendiri. Lagu ini mengingatkan pentingnya mengambil waktu untuk refleksi dan menghargai perasaan yang ada di dirimu. girl in red menyampaikan bahwa merasa ingin sendiri bukanlah hal yang salah, melainkan bagian dari proses untuk memahami diri dan mengatasi rasa insecure.


I need to be alone

Or I’m gonna lose my shit


(Baca juga: 7 Lagu Duet Barat Romantis Terbaik Sepanjang Masa)


Musik memiliki kekuatan untuk menghibur, menyembuhkan, dan menguatkan. Ketika kamu merasa insecure, lima lagu di atas bisa menjadi teman yang menenangkan dan mengingatkanmu akan indahnya dirimu. But you know what? Don’t let insecurity stop you from believing in yourself!


(Penulis: Adila Firani)


Life & health