Food & travel

Tawarkan Rasa & Warna Berbeda, Kenali 4 Macam Bubuk Matcha!

By : Her World Indonesia - 2024-06-20 18:00:02 Tawarkan Rasa & Warna Berbeda, Kenali 4 Macam Bubuk Matcha!

Matcha kini menjadi rasa yang tidak lagi asing di telinga. Mulai dari minuman hingga makanan, matcha kini populer menjadi bahan utama dalam menciptakan cita rasa yang earthy dan juga creamy. Selain rasanya yang unik, matcha pun memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Misalnya, memberikan energi yang stabil, meningkatkan ketajaman fokus, dan juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Umumnya orang-orang hanya mengenal matcha sebagai teh hijau dari Jepang yang terbuat dari Tencha. Namun, faktanya, terdapat berbagai varian bubuk matcha yang mungkin belum kamu kenali. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Ceremonial Matcha

(Warna bubuk matcha ceremonial cenderung lebih pekat hijau. Foto: Dok. Darina Belonogova/Pexels) 


Matcha varian ini memiliki kualitas tinggi yang paling mahal dibandingkan yang lain. Ceremonial matcha terbuat dari daun teh termuda yang telah melalui tahapan shading sebelum panen. Prosesnya berupa tanaman yang ditutupi agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Tahapan ini dilakukan untuk meningkatkan kandungan klorofil, menonjolkan warnanya, dan meningkatkan rasanya menjadi sedikit lebih manis. Untuk mempertahankan rasa dan manfaatnya, ceremonial matcha tidak disarankan untuk dicampur dengan produk susu atau bahan lainnya. Sebab, hal tersebut dapat menghilangkan sebagian rasa aslinya. Selain itu, suhu yang terlalu tinggi dapat menurunkan kadar nutrisinya. Alhasil ceremonial matcha ini lebih sering digunakan dalam upacara minum teh Jepang sederhana.


(Baca juga: Sehat dan Hemat, 3 Tips Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama)


2. Ingredient Matcha

(Warna bubu ingredient matcha tidak pekat hijau. Foto: Dok. Cup of Couple/Pexels) 


Ingredient matcha menjadi varian yang sering dijumpai di camilan dan minuman. Berbeda dengan ceremonial, varian ini memiliki kualitas yang lebih rendah. Terdapat beberapa karakteristik tertentu yang umumnya ditemukan pada ingredient matcha, yaitu warna daun yang tidak terlalu hijau dan ada warna kuning atau cokelatnya. Dari segi rasa pun cenderung lebih pahit. Meski begitu, kandungan nutrisi seperti antioksidan di dalamnya tetap tinggi.


3. Culinary Matcha

(Varian matcha ini lebih sering digunakan untuk membuat kue. Foto: Dok.  Cats Coming/Pexels)


Culinary matcha memiliki karakteristik yang mirip dengan ingredient matcha. Hanya saja varian ini lebih sering digunakan untuk membuat kue, hidangan penutup, dan semacamnya. Culinary matcha terbuat dari daun teh yang lebih tua dan warnanya yang tidak terlalu hijau. Matcha jenis ini kurang manis dan cenderung lebih pahit dibandingkan matcha kualitas tinggi. Alhasil culinary matcha lebih sering dipadukan dengan bahan lainnya untuk menyeimbangkan rasa pahit tersebut.


4. Premium Matcha

(Premium matcha memiliki cita rasa yang paling seimbang. Foto: Dok. ROMAN ODINTSOV/Pexels)


Premium matcha terbuat dari daun teh muda sehingga membuat kualitasnya hampir serupa dengan ceremonial matcha. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada proses shading saat penanaman. Daun teh premium matcha tidak terlalu diteduhkan dibandingkan daun ceremonial. Keunggulan varian ini terletak pada rasa manis dan pahit yang seimbang. Kamu akan lebih sering menjumpai premium matcha di minuman seperti smoothie, cocktail, dan latte.


Rekomendasi Kafe Matcha di Jakarta


Setelah mengenal berbagai varian matcha, tentu kamu menjadi tak sabar untuk mencicipinya bukan? Jangan khawatir! Her World punya tiga rekomendasi kafe yang lengkap dengan menu minuman dan makanan serba matcha.


1. Hakuji Tearoom


Ingin mencicipi ceremonial matcha? Hakuji Tearoom bisa menjadi pilihan. Terdapat pilihan minuman matcha yang nantinya bisa kamu padukan dengan base susu yang variatif. Ceremonial matcha lebih umum diminum tanpa dicampur dengan bahan lainnya. Namun, kamu tetap bisa mencicipi rasa kompleks dari matcha di sini. Sebab, Jess selaku pemilik Hakuji Tearoom langsung mempelajarinya bersama instruktur tea ceremony yang bersertifikat. Berkonsep pop-up cafe, Hakuji Tearoom selalu hadir di tempat dan waktu yang berbeda. Jadi jangan lupa untuk rutin cek Instagram @hakuji__tearoom ya! 


2. Uji Matcha


Berlokasi di Mal Grand Indonesia dan Kota Kosablanka, Uji Matcha sudah ada sejak 2017 hingga dijuluki sebagai kafe matcha pertama di Indonesia. Rasa autentik matcha disuguhkan dalam variasi minuman dan makanan. Mulai dari daifuku, roll cake, hingga es krim serba matcha bisa kamu jelajahi di sini. Bagi kamu yang awam degan menu Uji Matcha, wajib cobain empat menu best-seller, yaitu minuman segar Kochi Yuzu Matcha, Ichigo Daifuku, Matchakura Bowl, dan es krim Uji Matcha Soft Serve Story. Keunggulan dari menu Uji Matcha ini didukung dengan bahan matcha yang diimpor langsung dari Jepang.


3. Matcha Bae


Kafe berlogo chasen ini dapat kamu jumpai di Kelapa Gading dan KAMAJA. Matcha Bae menjadi salah satu kafe di Jakarta yang menyediakan berbagai menu matcha, mulai dari Matcha Yuzu Soda yang segar manis hingga Matcha Macchiato yang lebih creamy. Selain menu yang menarik, Matcha Bae menawarkan pengalaman memilih matcha yang unik. Saat memesan minuman, kamu perlu memilih base matcha: Tama, Wakana, dan Uki. Ketiganya memiliki ciri khas yang berbeda dari segi rasa dan asalnya. Tama berasal dari Shimane dan memiliki cita rasa gurih umami. Sementara Wakana yang rasanya lebih nutty datang dari Fukuoka. Berasal dari Kyoto, Uki memiliki rasa yang lebih ringan. Setelah memilih base, kamu bisa memadukannya dengan pilihan bahan lain.


(Baca juga: Bersejarah & Autentik, Kenali 6 Jenis Kopi Dari Mancanegara)


Matcha kian marak dipilih menjadi bahan dasar untuk kreasi makanan dan minuman terkini. Paduan manis, pahit, dan gurih membuat rasa matcha menjadi kompleks dan autentik. Dari deretan varian matcha yang disampaikan, mana yang menurutmu paling menarik untuk dicoba?


(Penulis: Zahrah Pricila)


Food & travel