Hair & beauty

3 Paduan Bahan Alami DIY Body Scrub Untuk Atasi Kulit Kering

By : Her World Indonesia - 2024-06-20 13:00:01 3 Paduan Bahan Alami DIY Body Scrub Untuk Atasi Kulit Kering

Kulit kering membutuhkan perawatan ekstra untuk memberikan kelembapan secara maksimal. Selain masalah kelembapan,  umumnya kulit kering terjadi karena menumpuknya sel kulit mati. Eksfoliasi menjadi salah satu cara untuk merawat permasalahan tersebut. Dengan rutin eksfoliasi, sel kulit mati akan mudah terangkat sehingga permukaan kulit lebih mulus. Kemudian, pada saat bersamaan, kulit juga akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.


Sayangnya, tahapan eksfoliasi ini lebih populer dilakukan pada kulit wajah saja. Padahal kulit tubuh yang cenderung tebal justru membutuhkan eksfoliasi berupa body scrub yang lebih rutin. Hanya saja bagi pemilik kulit kering, perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalam produknya. Untuk mempermudah mengontrol kandungan yang terserap di kulit, kamu bisa beralih membuat homemade body scrub dengan deretan kandungan khusus kulit kering di bawah ini!


1. Minyak Kelapa dan Oat

(Oat dapat melembapkan kulit secara alami. Foto: Dok. Karyna Panchenko/Pexels)


Kulitmu kering dan juga sensitif? Jangan khawatir! Kamu tetap bisa membuat body scrub ala rumahan dengan tiga kandungan ini: minyak kelapa dan rolled oat yang dicampurkan madu. Mungkin oat lebih familier digunakan sebagai makanan untuk diet. Namun, faktanya, oat dapat memberikan efek kelembapan secara alami pada kulit. Sementara minyak kelapa bekerja menjaga kulit agar tetap lembap. Untuk hasil yang maksimal, campurkan minyak kelapa dengan madu terlebih dahulu, lalu tambahkan oat yang sudah dihaluskan blender.


(Baca juga: Memasuki Usia 25 Tahun, 5 Produk Skincare Ini Wajib Dimiliki)


2. Yoghurt dan Minyak Esensial


(Plain yoghurt menjadi bahan alami yang bisa menutrisi kulit. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)


Tak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt juga memberikan manfaat positif pada kulit tubuh. Yoghurt secara alami memiliki kandungan eksfoliasi yang bisa mengubah tekstur kulir kering dan kasar menjadi lebih halus. Selain itu, kandungan vitamin B pada yoghurt membantu kulit terasa lembap dan bercahaya. Pilihlah yogurt plain dan ditambahkan minyak esensial kesukaanmu untuk memberikan efek menenangkan. Lalu, tambahkan cornmeal - jagung kering yang dihaluskan - untuk memudahkan proses scrubbing.


3. Alpukat dan Madu


(Alpukat dan madu menjadi kombinasi bahan alami yang cocok untuk kulit kering. Foto: Dok.  Li Zhang/Pexels)


Kombinasi alpukat dan madu dapat memberikan hidrasi pada kulit secara menyeluruh. Alpukat kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa menutrisi kulit. Salah satunya adalah biotin, jenis vitamin B yang bisa mencegah kulit kembali menjadi kering. Kemudian, campuran madu menambahkan manfaat antiinflamasi dan antiseptik yang bisa menenangkan kulit. 


(Baca juga: Auto Mulus, 6 Cara Atasi Kulit Telapak Kaki yang Mengelupas!)


Kulit kering memang membutuhkan perawatan lebih. Namun, kamu bisa melakukannya di rumah saja hanya dengan membuat homemade body scrub, menggunakan bahan-bahan alami yang ada. Utamakan bahan yang memiliki kandungan yang melembapkan seperti oat, alpukat, dan yoghurt. Selamat mencoba! 


(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty