Hair & beauty

Auto Mulus, 6 Cara Atasi Kulit Telapak Kaki yang Mengelupas!

By : Her World Indonesia - 2024-06-10 17:00:01 Auto Mulus, 6 Cara Atasi Kulit Telapak Kaki yang Mengelupas!

Kulit telapak kaki yang mengelupas menjadi permasalahan yang bisa menurunkan rasa percaya diri. Terlebih jika memakai alas kaki bermodel terbuka, telapak kaki yang tampak pecah-pecah akan lebih mudah terlihat. Padahal alas kaki seperti sandal atau heels berdesain terbuka di bagian tumit seringkali menjadi pilihan favorit untuk berbagai acara. Kulit yang mengelupas terjadi karena dipengaruhi berbagai faktor.

Terkadang pengelupasan ini pun bisa dilihat normal apalagi jika kamu sering berjalan kaki di cuaca yang panas. Sebab, biasanya kulit telapak kaki cenderung akan lebih kering. Selain itu, sinar matahari bisa membuat kulit meradang dan memicu pengelupasan kulit. Tak hanya cuaca, kondisi kesehatan tubuh pun berpengaruh, misalnya infeksi jamur bisa menjadi penyebab yang merusak lapisan luar kulit sehingga menjadi kering, bersisik, dan terkelupas. Meski penyebabnya variatif, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya sama sekali. Ada enam cara mengatasinya agar kulit terhindar dari pengelupasan dan menjaga kelembapannya. Keep scrolling!

1. Hindari Berjalan Tanpa Alas Kaki

(Permukaan kasar bisa membuat telapak kaki kering. Foto: Dok. Yan Krukau/Pexels)

Jalan kaki tanpa alas kaki memang memberikan relaksasi yang nyaman buat tubuh. Hal tersebut tidak masalah untuk dilakukan. Namun, hindari barefoot apabila kamu hendak berjalan kaki di tanah atau area yang permukaannya kasar karena dapat menyebabkan kulit telapak kaki iritasi dan perlahan menjadi kering. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan alas kaki yang nyaman dan empuk. Kemudian, jangan lupa pula untuk tidak menggunakan sepatu secara bergantian dengan orang lain!



2. Gunakan Sunscreen Pada Telapak Kaki

(Biasakan untuk menggunakan sunscreen hingga ke telapak kaki. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)

Sinar UV mungkin lebih populer diketahui memberikan efek buruk ke kulit wajah. Namun, faktanya, seluruh tubuh kita terpapar sinar UV meski ditutupi pakaian. Sama halnya dengan tubuh dan wajah, kulit pada telapak kaki pun mudah untuk terkena sinar UV. Telapak kaki biasanya akan terasa kering, pecah-pecah, dan mudah terkelupas kulitnya. Atasi masalah ini dengan rajin menggunakan sunscreen yang sudah kamu miliki pada bagian kaki hingga telapaknya. Kemudian, pastikan diaplikasikan sekali setiap dua hingga tiga jam ya! Namun, sebelum kembali menggunakan sepatu, pastikan kaki sudah tidak terasa basah dari tabir suryanya agar kondisi kaki tidak lembap secara berlebihan.

3. Minum Air Putih yang Cukup

(Minum air putih dapat mencegah dehidrasi berlebih. Foto: Dok. Thomas Chauke/Pexels)

Salah satu penyebab kulit mudah terkelupas adalah kekeringan. Selain paparan sinar UV dan permukaan kasar, kulit yang kering dapat terjadi akibat dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh. Rutin minum air putih menjadi kunci penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Namun, pastikan kamu tidak minum secara berlebihan. Takaran minum air putih setiap orang memang berbeda-beda. Untuk memudahkannya, kamu bisa melakukan tips seperti minum satu hingga dua gelas setelah bangun tidur, saat merasa lelah, sebelum dan sesudah beraktivitas, sebelum tidur, dan juga satu gelas sebelum dan sesudah makan.

4. Gunakan Petroleum Jelly

(Kandungan petroleum ampuh atasi kulit mengelupas. Foto: Dok. Towfiqu barbhuiya/Pexels)

Petroleium jelly memiliki segudang manfaat untuk berbagai masalah kulit, di antaranya menyembuhkan luka ringan dan mengatasi bibir kering. Bahkan sebelumnya produk ini menjadi tren teknik slugging di dunia perawatan kulit wajah. Produk serbaguna ini berbahan dasar petroleum yang dapat melapisi kulit agar kandungan air tidak menguap sehingga menjaga kelembapan kulit. Efek yang sama juga bisa kamu rasakan pada kulit telapak kaki. Jadi, kamu bisa rutin mengaplikasikan petroleum jelly setelah mandi atau setelah merendam kaki di air garam selama beberapa menit untuk mencegah dan mengatasi kulit mengelupas.

5. Rutin Eksfoliasi Kulit


(Eksfoliasi kaki hingga ke bagian telapak kaki. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels)

Kulit mengelupas juga bisa menjadi pertanda ada banyak dead skin cells atau kulit mati di permukaan telapak kakimu. Sebab, kulit mati bisa menyebabkan kulit terasa lebih kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengatasinya dengan mengeksfoliasi area telapak kaki. Namun, ada tata cara yang perlu diikuti agar kondisi kulit kaki tidak menjadi semakin buruk. Rendamlah kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama 20 menit. Lalu, gosok telapak kaki dengan memakai loofah, scrub eksfoliasi, atau batu apung secara perlahan. Setelahnya, pastikan kamu mengeringkan kaki dengan handuk dan oleskan pelembab kaki.




Kaki yang mengelupas bisa menandakan berbagai permasalahan kulit. Tak jarang kondisi ini pun bikin tidak percaya diri. Meski begitu, kamu bisa mengatasinya dengan memperhatikan terlebih dahulu faktor-faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Setelahnya, kamu bisa menerapkan sederet tips di atas agar kelembapan kulit terjaga dan tetap mulus.

(Penulis: Zahrah Pricila)


Hair & beauty