Hair & beauty

Bikin Lentik! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata

By : Her World Indonesia - 2024-06-04 15:00:01 Bikin Lentik! Ini 5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata

Minyak zaitun, yang sering dianggap sebagai cairan emas, memiliki asal-usul yang kaya dari kawasan Mediterania, khususnya Spanyol, Italia, dan Yunani. Di wilayah ini, pohon zaitun telah tumbuh subur selama ribuan tahun, memberikan buah yang diperas untuk menghasilkan minyak yang kaya akan manfaat kesehatan. Proses ekstraksi minyak zaitun melibatkan pemerasan buah zaitun untuk mendapatkan minyak murni yang dikenal dengan virgin olive oil. 


Berkat kualitas dan kandungan nutrisinya, minyak zaitun telah menjadi komoditas berharga yang melintasi batas-batas negara dan budaya. Minyak ini tidak hanya dikenal sebagai bahan konsumsi yang lezat dan sehat, tetapi juga memiliki banyak kegunaan lain. 


(Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Kerutan Bawah Mata)


Di dapur, minyak zaitun sering digunakan sebagai bahan dasar dalam salad, saus, dan untuk menumis makanan, memberikan rasa yang khas dan kaya. Selain itu, minyak zaitun juga digunakan dalam industri kecantikan sebagai bahan pelembap alami untuk kulit dan rambut. Jadi, ini dia beberapa manfaat minyak zaitun untuk bulu mata kamu, rangkuman Her World.


1. Merangsang pertumbuhan bulu mata

 

(Manfaat minyak zaitun untuk bulu mata. Foto: Dok. Freepik)


Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan asam oleat yang sangat baik untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi folikel bulu mata kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, asam oleat akan membantu kamu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area mata sehingga nutrisi dapat terserap dengan baik oleh folikel bulu mata. 


2. Mencegah kerontokan bulu mata


Kerontokan bulu mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penggunaan maskara yang berlebihan, pemakaian bulu mata palsu, atau penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia keras. Minyak zaitun memiliki sifat pelembap yang dapat memperkuat akar bulu mata dan mencegah kerontokan. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada bulu mata setiap malam sebelum tidur, kamu bisa membantu menjaga kekuatan dan kesehatan bulu mata.


3. Menutrisi bulu mata dan area sekitarnya


(Manfaat minyak zaitun untuk bulu mata. Foto: Dok. Freepik)


Minyak zaitun mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin D, vitamin K, serta lemak sehat yang dapat menutrisi bulu mata. Selain itu, minyak zaitun memiliki sifat emolien yang dapat menjaga kelembapan bulu mata dan area sekitarnya sehingga bisa mencegahnya dari kekeringan dan kerusakan. Dengan bulu mata yang ternutrisi dengan baik, mereka akan tampak lebih lentik dan bercahaya alami.


4. Melindungi kerusakan akibat makeup


Bulu mata kamu pasti sering terpapar oleh polusi udara, sinar UV, dan bahan kimia dari makeup. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bulu mata mulai dari kerapuhan, kerontokan, dan buku mata yang kering. Minyak zaitun dengan antioksidan dan anti-inflamasi yang dimilikinya dapat melindungi bulu mata kamu dari kerusakan tersebut. 


5. Memperbaiki struktur bulu mata


(Manfaat minyak zaitun untuk bulu mata. Foto: Dok. Freepik)


Minyak zaitun tidak hanya merawat, tetapi juga memperbaiki bulu mata yang sudah mengalami kerusakan. Kandungan vitamin E dan lemak sehat dalam minyak zaitun dapat memperbaiki struktur bulu mata yang rusak dan membuatnya kembali kuat dan elastis.


(Baca juga: Hempaskan Jerawat Dengan 5 Rekomendasi Acne Spot Lokal Ini!)


Minyak zaitun adalah solusi alami yang efektif untuk merawat dan mempercantik bulu mata kamu. Dengan lima manfaat utamanya ini kamu bisa memiliki bulu mata yang panjang, tebal, dan lentik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan alami ini dan rasakan sendiri manfaatnya1


(Penulis: Adila Firani)]


Hair & beauty