Hair & beauty

Agar Bulu Mata Lentik dan Lebat, Ini 3 Cara Alaminya!

By : Her World Indonesia - 2024-06-29 09:50:02 Agar Bulu Mata Lentik dan Lebat, Ini 3 Cara Alaminya!

Tampaknya hampir setiap wanita menginginkan bulu mata yang lentik. Jelas saja, bulu mata yang lentik bisa menunjang penampilanmu secara keseluruhan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bulu mata yang lentik, termasuk beberapa cara alami agar bulu mata lentik. Yuk intip beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk membuat bulu mata lentik dan lebat. Simak!


1. Menggunakan Serum Bulu Mata

Agar bulu mata lentik dan lebat secara alami, kamu bisa mencoba rutin menggunakan serum bulu mata. Namun, pastikan produk serum bulu mata yang kamu beli sudah BPOM sehingga aman digunakan dan tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi. Gunakan serum bulu mata secara merata dari akar bulu mata hingga ke ujungnya. Hati-hati untuk tidak sampai mengenai area mata, yang mungkin bisa memberikan sensasi perih. 


2. Menyisir Bulu Mata


(Cara alami agar bulu mata lentik. Cottonbro Studio/Pexels)


Ternyata, dengan menyisir bulu mata secara rutin dapat menstimulasi penyebaran nutrisi dari akar bulu mata hingga ke ujung. Alhasil, bulu mata pun akan lebih lebat dan panjang. Saat menyisir bulu mata, kamu perlu menggunakan sisir khusus, yang bentuknya mirip seperti sisir maskara. Untuk hasil yang optimal, kamu dapat menyisir bulu mata rutin, minimal dua kali sehari.


3. Rutin Membersihkan Bulu Mata

Tidak hanya kulit dan rambut kepala yang perlu dibersihkan, bulu mata juga harus rajin dibersihkan, terutama setelah menggunakan produk make up mata.

Sisa produk make up mata dapat membentuk tumpukan kotoran dan menjadi sarang bakteri dan kutu. Hal ini menyebabkan infeksi yang cukup parah di area mata, yang bisa membuat bulu mata cepat rontok.

Untuk membersihkan bulu mata, kamu bisa menggunakan cairan khusus pembersih khusus mata. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa cukup dengan mencuci wajah sampai bersih menggunakan produk facial wash yang tepat dan lembut. 


Bahan Alami untuk Melentikkan Bulu Mata

Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan agar bulu mata lentik, lebat dan panjang.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya dapat membuat bulu mata menjadi lebih lentik. Kandungan vitamin A dan E dalam minyak zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan rambut.

Kamu cukup mengoleskan minyak zaitun rutin secara rutin sebelum tidur, kemudian bersihkan sampai bersih keesokan harinya. Perlu diketahui, gunakan minyak zaitun alami tanpa campuran apapun untuk membantu melentikkan bulu mata. 

2. Gel Lidah Buaya


(Cara alami agar bulu mata lentik. Jcomp/Freepik)


Kamu dapat mengaplikasikan gel lidah buaya agar bulu mata lebih lentik. Lidah buaya memang terkenal karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan rambut, termasuk bulu mata.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi membuat bulu mata dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Vitamin A dan C, karbohidrat, lemak, kalori, protein, kalsium, thiamin, dan zat besi dalam lidah buaya dapat mengoptimalkan pertumbuhan bulu mata.

Cara menggunakannya, kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya menggunakan sisir bulu mata. Tunggulah sekitar 1 jam, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.


3. Minyak Esensial Rosemary

Kamu dapat menggunakan minyak esensial rosemary agar bulu mata lentik dan lebat. Minyak rosemary terbukti dapat mempercepat dan merangsang pertumbuhan folikel rambut termasuk bulu mata, dan mencegah kerontokan. Caranya, kamu hanya cukup mengoleskan minyak esensial rosemary di area bulu mata secara merata dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan area bulu mata sampai benar-benar bersih.


4. Teh Hijau

Bahan alami selanjutnya yang bisa membuat bulu mata lentik yaitu teh hijau. Kamu hanya perlu menyenduh teh hijau lalu tunggu sampai dingin. Selanjutnya kamu cukup mengucapkan langsung di area bulu mata menggunakan bola kapas atau cotton bud.

Teh hijau dapat membantu melentikkan bulu mata karena kandungan flavonoid dan kafein di dalamnya, yang terbukti dapat merangsang pertumbuhan bulu mata. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mendorong pertumbuhan bulu mata baru yang lebih sehat. 


5. Minyak Kelapa


(Cara alami agar bulu mata lentik. Jcomp/Freepik)


Tahukah kamu bahwa ternyata minyak kelapa juga dapat membuat bulu mata lentik karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Minyak kelapa dapat mempercepat pertumbuhan bulu mata dan dapat digunakan sebagai conditioner alami.

Cara penerapan minyak kelapa sangat mudah, yaitu dengan merendam cotton bud menggunakan beberapa tetes minyak kelapa, lalu usapkan pada area bulu mata dengan lembut sebelum tidur.


6. Minyak Pohon Teh

Banyak yang belum tahu ternyata minyak pohon teh (tea tree oil) bisa bermanfaat untuk melebatkan dan melentikkan bulu mata. Bahan alami ini dapat mengatasi masalah kerontokan bulu mata dan membuat bulu mata menjadi lebih tebal dan lentik. Caranya, oleskan minyak pohon teh di area bulu mata sebelum tidur, kemudian biarkan semalaman. Selanjutnya, bersihkan area bulu mata menggunakan air keesokan harinya. 


Itulah beberapa cara agar bulu mata lentik dan lebat yang dapat kamu lakukan. Untuk memiliki bulu mata yang cantik, ternyata tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, dan tentu saja, kuncinya adalah konsistensi. 




(Penulis: Calvin)


Hair & beauty