Hair & beauty

4 Cara Memilih Warna Foundation untuk Hasil Make-up Flawless

By : Her World Indonesia - 2024-06-29 15:00:01 4 Cara Memilih Warna Foundation untuk Hasil Make-up Flawless

Tujuan utama merias wajah yaitu untuk menonjolkan fitur wajah dan mendapatkan tampilan wajah yang lebih cantik dan flawless. Salah satu tips mendapatkan hasil riasan wajah yang tampak flawless yaitu dengan menggunakan produk makeup yang bagus dengan shade yang sesuai dengan warna asli kulit kamu.


Asal dalam memilih shade produk makeup khususnya foundation bisa membuat hasil riasan wajah tampak tidak natural, atau bahkan kusam. Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda, yang artinya pemilihan shade foundation harus disesuaikan dengan skin tone masing-masing orang. Berikut ini beberapa cara memilih warna foundation yang benar untuk hasil make up yang flawless. Simak rangkuman Her World di bawah ini!


1. Mengenali Undertone Kulit Wajah

Cara memilih warna foundation yang benar pertama yaitu dengan mengenali terlebih dahulu undertone kulit wajah. Caranya sangat mudah, lihatlah warna urat nadi di bagian permukaan kulit tangan. Jika berwarna hijau, itu artinya kamu memiliki undertone kulit warm, sehingga cocok menggunakan foundation dengan tone yellow (kode W). Sementara itu, jika warna urat nadi di permukaan tangan kamu berwarna biru, itu artinya kamu memiliki undertone kulit cool, sehingga paling cocok menggunakan foundation dengan tone pink (kode C)Namun, jika warna urat nadi kamu merupakan perpaduan hijau dan biru, itu artinya kamu memiliki undertone netral, sehingga cocok menggunakan shade foundation netral (kode N).


2. Melihat Warna Foundation di Area Terang


(Cara memilih warna foundation. Karolina Grabowska / Pexels)


Memilih warna foundation harus dilakukan di tempat dengan pencahayaan yang memadai atau terang, sehingga kamu dapat melihat shade foundation sebenarnya dengan jelas; apakah lebih terang, lebih gelap, atau sesuai dengan warna asli kulit kamu. Jika kamu sudah melihat shade foundation sebenarnya dengan jelas, itu akan memudahkan kamu menentukan warna foundation yang paling cocok dengan warna asli kulit kamu. 


3. Mengaplikasikan Shade Foundation di Leher

Cara yang paling tepat untuk memilih shade foundation yaitu dengan mengaplikasikannya di area leher atau dekat rahang. Mengaplikasikan shade foundation di area ini ternyata lebih efektif dibandingkan di area punggung tangan, karena warna kulit punggung tangan cenderung lebih gelap dan berbeda dengan kulit wajah.


4. Perhatikan Oksidasi Foundation


(Cara memilih warna foundation. MART PRODUCTION / Pexels)


Satu lagi cara memilih warna foundation yang benar yaitu dengan memperhatikan oksidasi foundation. Kamu bisa mengaplikasikan sedikit foundation dengan warna yang menurutmu paling sesuai di area leher atau dekat rahang. Jangan langsung dihapus. Biarkan selama sekitar 30 menit dan lihat apakah terjadi perubahan warna atau tidak, dan seberapa parah tingkat oksidasinya. Jika tidak terjadi oksidasi foundation, kamu bisa memilih warna foundation yang sesuai dengan warna asli kulit kamu. Tetapi, jika terjadi oksidasi foundation, kamu bisa memilih warna foundation dengan shade yang satu tingkat lebih cerah dari warna asli kulit kamu.


Itulah beberapa cara memilih warna foundation yang benar yang bisa kamu lakukan sebelum membeli foundation. Dengan memilih warna foundation yang tepat, kamu akan mendapatkan hasil riasan wajah yang flawless dan tahan lama. 




(Penulis: Calvin)


Hair & beauty