Hair & beauty

Oksidasi dalam Make Up: Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

By : Her World Indonesia - 2024-06-29 14:30:01 Oksidasi dalam Make Up: Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya

Menggunakan make up karena ingin tampil cantik, tetapi wajah justru gelap dan kusam? Mungkin kamu mengalami oksidasi dalam make up. Tentu saja, hal itu bisa mengganggu penampilan. Oksidasi dalam make up terjadi bukan karena shade foundation atau alas bedak kamu yang lebih gelap, tetapi ada penyebab lainnya. Dalam artikel ini, semua yang perlu kamu ketahui tentang oksidasi dalam make up, termasuk penyebab dan cara mencegahnya. Yuk simak penjelasannya!

Apa itu Oksidasi Make Up?


(Oksidasi dalam make up. MART PRODUCTION / Pexels)


Foundation atau alas bedak menjadi salah satu komponen make up yang paling penting. Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit, menutup pori-pori, dan membuat wajah terlihat cerah. Tetapi sayangnya, terkadang penggunaan foundation justru tidak berjalan sesuai fungsinya saat mengalami oksidasi, yang membuat kulit wajah justru terlihat kusam atau lebih gelap. 

Oksidasi dalam make up merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika foundation mengalami perubahan warna menjadi gelap atau keabuan-abuan sesaat setelah diaplikasikan pada wajah.


Penyebab Oksidasi yang Umum Terjadi

Lalu apa yang membuat foundation mengalami oksidasi? Berikut beberapa diantaranya:

1. Kandungan Minyak di Wajah

Oksidasi dalam make up bisa terjadi ketika foundation bercampur dengan minyak berlebih pada wajah, akibatnya warna foundation yang tadinya terang atau sesuai dengan kulit wajah kamu justru berubah gelap,  membuat wajah kusam.

2. Reaksi Terhadap Cuaca

Cuaca juga bisa memengaruhi terjadinya oksidasi dalam make up. Ketika cuaca panas, pigmen foundation dan minyak berlebih pada wajah saling bereaksi satu sama lain, menyebabkan wajah tampak kusam. 

3. Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang wajib kamu gunakan! Akan tetapi, beberapa jenis tabir surya bisa menyebabkan oksidasi foundation dan membuat warnanya menjadi gelap.

4. Foundation Mengandung Iron Oxide

Foundation yang memiliki kandungan iron oxide dapat menyebabkan oksidasi make up ketika bereaksi dengan udara, kemudian foundation mengalami perubahan warna menjadi abu-abu atau gelap akibat reaksi tersebut.


Cara Mencegah Oksidasi Make Up Agar Tampil Percaya Diri


(Oksidasi dalam make up. BOOM / Pexels)


Tampil cantik dan sempurna dengan make up tentunya sebuah kebanggaan tersendiri bagi semua wanita. Suasana hati juga akan bagus ketika kamu bisa menemui banyak orang dengan make up yang tampak flawless. Tetapi, oksidasi make up tentu akan mengganggu penampilan kamu. Niat hati ingin tampil cantik, justru wajah terlihat gelap dan kusam. Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya oksidasi make up, seperti:

1. Penggunaan skincare sebelum make up

Menggunakan skincare sebelum make up adalah langkah tepat untuk menjaga kulit tetap sehat. Ini juga membantu kulit kamu agar lebih siap menerima produk makeup di atasnya, sehingga foundation yang kamu aplikasikan pun tidak akan mengalami oksidasi. 

Skincare yang tepat dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Skincare wajib yang perlu kamu gunakan adalah pembersih dan toner, khususnya exfoliating toner, untuk mengurangi minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kemudian, gunakan pelembab dan tabir surya untuk menghidrasi dan melindungi kulit. 

2. Pilih Tabir Surya yang Tepat

Menggunakan tabir surya yang kurang tepat akan membuat foundation mengalami oksidasi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memilih tabir surya yang tepat seperti memiliki tekstur ringan, mudah diaplikasikan, tidak menimbulkan white cast, dan tentu saja, sesuai dengan jenis kulit kamu.

3. Pastikan Kadar pH Seimbang

Menyeimbangkan pH di kulit wajah dapat mencegah terjadinya oksidasi make up. Sebab, pH kulit yang cenderung asam bisa meningkatkan risiko oksidasi dalam make up. pH normal kulit wajah berada di kisaran 5,5 sampai 5,9. Untuk menyeimbangkan pH kulit wajah, Anda bisa menggunakan toner setelah mencuci wajah dan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. 

4. Gunakan Primer

Salah satu penyebab paling umum terjadinya oksidasi dalam make up adalah kandungan minyak di wajah. Selain skincare, penggunaan primer bisa menjadi langkah tepat untuk mencegah oksidasi make up.

Primer memiliki fungsi sebagai silicon base atau pembatas antara kulit wajah dan foundation, untuk mencegah agar foundation tidak bereaksi langsung dengan minyak di wajah. Dengan begitu, perubahan warna foundation akibat oksidasi make up dapat dihindari.

5. Kocok Foundation Sebelum Digunakan

Jika kamu menggunakan foundation dengan konsistensi yang cair, alangkah baiknya kocok foundation terlebih dahulu sebelum digunakan agar bahan di dalamnya tercampur dan tidak terpisah. Pada akhirnya, ini bisa membantu mencegah oksidasi make up. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih shade foundation yang satu tingkat lebih terang dibanding warna kulit asli. Jadi, ketika terjadi oksidasi, maka warna foundation akan sesuai dengan warna asli kulit kamu.

6. Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabur memiliki fungsi untuk mengunci make up, yang membuat make up tahan lama, tampak flawless, dan tidak oksidasi. Kamu bisa menggunakan translucent powder yang tidak akan mengubah warna kulit wajah. 

7. Tap-tap Wajah dengan Tisu

Langkah terakhir untuk mencegah terjadinya oksidasi make up, kamu bisa tap-tap wajah dengan tisu atau kertas minyak wajah. Lakukan teknik blotting ke seluruh wajah ketika kamu merasa produksi minyak di wajah mulai berlebih sebelum ataupun sesudah menggunakan foundation, sehingga minyak berlebih pada wajah bisa terangkat, yang bisa mencegah oksidasi make up.


Nah, itu dia beberapa penyebab dan cara mencegah oksidasi dalam make up, sehingga hasil riasan wajah kamu terlihat lebih flawless dan tahan lama. 





(Penulis: Calvin)


Hair & beauty