Life & health

20 Macam-Macam Phile Menarik yang Ada Di Dunia!

By : Her World Indonesia - 2024-06-30 11:10:02 20 Macam-Macam Phile Menarik yang Ada Di Dunia!

Setiap orang pasti mempunyai kesukaan atau preferensinya masing-masing. Bahkan, tidak sedikit orang yang mempunyai kesukaan-kesukaan unik, yang sering disebut dengan phile. Secara umum, phile menggambarkan kesukaan seseorang terhadap suatu objek tertentu, mulai dari hewan, benda, dan lain sebagainya. Diantara banyaknya macam-macam phile, berikut ini 20 macam phile paling umum yang ada di dunia. Simak!

1. Pluviophile

Pluviophile merupakan istilah yang menggambarkan seseorang yang sangat menyukai terhadap hujan. Dengan kata lain, pluviophile adalah sebutan untuk pecinta hujan. Istilah pluviophile berasal dari bahasa latin pluvial yang berarti hujan. Lebih dari sekedar menyukai hujan, kondisi mental pluviophile juga bisa seketika merasa lebih baik saat hujan turun. 

2. Ailurophile


(Macam-macam phile. Nataliya Vaitkevich/Pexels)


Istilah ailurophile ini mengacu pada mereka yang sangat menyukai kucing. Tidak hanya sekadar memelihara, kamu bahkan benar-benar menyukai segala sesuatu tentang hewan berbulu lembut ini, dan menemukan kebahagiaan yang berarti dengan memelihara kucing. 

3. Astrophile

Astrophile merupakan istilah yang menggambarkan orang-orang penyuka benda-benda langit dan angkasa, seperti bintang, bulan, hingga planet. Tidak hanya menyukai benda-benda langit dan angkasa, astrophile juga akan merasa sangat bahagia hanya dengan melihat langit dan bintang-bintang, serta menganggap langit itu sangat menakjubkan. 

4. Cinephile


(Macam-macam phile. Jens Kreuter/Unsplash)


Diambil dari kata cinema, cinephile adalah istilah untuk orang-orang yang sangat menyukai dan antusias dengan film. Bagi cinephile, menonton film tidak hanya sebagai kegiatan yang menghibur saja, tetapi juga bisa memberikan inspirasi. Cinephile juga sering membahas, menceritakan, hingga membedah suatu film dengan cukup mendetail. Penyuka film seperti ini biasanya tidak pernah melewatkan film-film yang baru rilis maupun film-film lama, dan mempunyai daftar film dan sutradara favorit. Sama seperti macam-macam phile lainnya, cinephile juga biasanya menemukan kebahagiaan tersendiri hanya dengan menonton film-film.

5. Javaphile

Javaphile adalah sebutan untuk mereka yang sangat menyukai kopi. Bahkan, javaphile akan mencari kopi-kopi terbaik di seluruh dunia hingga berusaha untuk mendapatkan pengalaman ngopi yang autentik. 

6. Denrophile


(Macam-macam phile. Pavel Danilyuk/Pexels)


Bicara mengenai macam-macam phile, kamu mungkin baru mendengar istilah denrophile ini. Iya, denrophile merupakan sebutan untuk orang-orang yang sangat menyukai hutan. Mereka bahkan dapat merasa sangat nyaman dan bahagia hanya dengan memandang warna-warna hijau khas pepohonan. 

7. Ablutophile

Ablutophile merupakan istilah untuk menggambarkan seseorang yang merasa sangat senang atau bahkan menemukan kebahagiaan tersendiri ketika mandi. Mereka tidak hanya menjadikan aktivitas mandi sebagai cara menjaga kebersihan, tetapi juga aktivitas menyenangkan yang tidak boleh ditinggalkan dalam rutinitas sehari-hari.

8. Cynophile


(Macam-macam phile. Vlada Karpovich/Pexels)


Jika istilah ailurophile digunakan untuk menggambarkan mereka yang menyukai kucing, sementara istilah cynophile digunakan untuk menggambarkan mereka yang menyukai anjing. Biasanya, cynophile tidak hanya menyukai dan memelihara anjing saja, tetapi juga merasa sangat terhubung dan mempunyai pengetahuan mendalam tentang anjing.

9. Melophile

Sesuai namanya, melophile adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan mereka yang sangat menyukai musik—hampir semua jenis musik. Bahkan, melophile dapat mengekspresikan kebahagiaannya melalui permainan instrumen dan mendengarkan segala jenis musik, serta merasa tidak bisa hidup tanpa musik.

10. Aquaphile

Dilihat dari namanya, dapat ditebak jika istilah aquaphile ini ditujukan untuk seseorang yang sangat mencintai air. Tidak hanya itu, aquaphile juga sangat menggemari aktivitas penjelajahan keindahan bawah air. 

11. Nytophile

Nytophile merupakan sebutan untuk mereka yang sangat menyukai suasana gelap atau malam hari. Kebanyakan orang mungkin merasa takut berada disuasana gelap, tetapi nytophile justru merasa merasa sangat nyaman berada disuasana gelap atau pada malam hari. 

12. Photophile

Berbeda dengan nytophile, seorang photophile justru lebih menyukai cahaya atau suasana terang. Sama seperti kebanyakan orang, photophile menganggap kegelapan adalah hal yang menakutkan dan membuat tidak nyaman. Adanya cahaya yang terang malah akan membuat photophile jauh lebih tenang dan nyaman. 

13. Opacarophile

Diantara macam-macam phile yang ada di dunia, opacarophile mungkin menjadi salah satu yang banyak orang minati. Istilah opacarophile ini digunakan untuk menggambarkan meraka yang sangat menyukai sore hari dan sunset. Matahari yang terbenam di waktu sore menjadi suatu kesenangan dan ketenangan tersendiri bagi opacarophile. 

14. Bibliophile


(Macam-macam phile. Andreea Pop/Unsplash)


Bibliophile merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang menyukai berbagai hal seputar buku. Dengan membaca maupun mengoleksi buku, bisa memberikan perasaan tenang dan nyaman bagi bibliophile. 

15. Logophile

Istilah logophile ini cocok buat mereka yang menyukai dan menikmati setiap kata-kata. Para logophile biasanya lebih mudah mengungkapkan pikirannya melalui berbagai serangkaian kata-kata yang indah dan penuh makna. 

16. Retrophile

Sesuai namanya, retrophile mengacu pada kesukaan seseorang terhadap benda-benda, pakaian, atau apapun yang bergaya retro. Meskipun hidup di zaman modern seperti sekarang ini, masih banyak orang yang menyukai hal-hal bergaya retro atau lawas, apakah kamu salah satunya?

17. Ergophile

Kamu termasuk suka dengan kerja yang produktif ketimbang berdiam diri? Kamu mungkin termasuk ergophile. Istilah ergophile digunakan untuk menggambarkan mereka yang memang jauh lebih tertarik untuk bergerak dan menghasilkan sesuatu daripada berdiam diri. Menurut para ergophile, bekerja produktif yang dengan banyak bergerak memberikan rasa nyaman dan menyenangkan.

18. Cymophile

Cymophile merupakan sebutan bagi orang-orang yang sangat tertarik dengan ombak lautan. Mereka lebih menyukai dan merasa nyaman dengan ombak, termasuk suara deburan obak yang memecah lautan.

19. Chronophile


(Macam-macam phile. Yuliana Kungurova/Pexels)


Chronophile adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang menyukai dan sangat menghargai waktu. Karena itu, para chronophile biasanya menyukai hal-hal yang berkaitan dengan waktu seperti jam atau arloji. Tidak hanya terbatas pada jam-jam modern, mereka juga suka mengoleksi jam-jam kuno yang harganya cukup mahal dan langka. 

20. Coimetrophile

Apakah kamu menyukai suasana hening di area pemakaman? Jika iya, mungkin kamu termasuk ke dalam golongan coimetrophile. Coimetrophile adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan mereka yang menyukai suasana pemakaman. Meskipun terkesan menyeramkan, tapi tidak sedikit orang yang lebih menyukai suasana pemakaman karena berbagai alasan, suasana tenang dan nyaman, misalnya. 



Itulah 20 macam-macam phile yang ada di dunia berdasarkan kesukaan seseorang terhadap suatu hal atau objek. Kalau kamu termasuk tipe phile yang mana?





(Penulis: Calvin)


Life & health