Food & travel

Mau Pergi Campervan? Siapkan 5 Essential Kit Ini Dulu

By : Her World Indonesia - 2024-05-29 17:00:02 Mau Pergi Campervan? Siapkan 5 Essential Kit Ini Dulu

Kamu pasti tidak kaget jika mendengar tren campervan kembali muncul beberapa tahun terakhir. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan liburan yang fleksibel dan berbeda, campervan menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Konsep liburan dengan menggunakan campervan memberikan kebebasan kamu dan partner untuk menjelajahi kota tanpa harus terikat pada jadwal atau akomodasi tertentu.


Campervan, atau sering disebut juga van kemping merupakan liburan yang dilakukan dengan van yang sudah dimodifikasi menjadi rumah bergerak. Dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang santai, campervan memberikan kenyamanan seperti di rumah sambil menjelajahi berbagai destinasi.


Salah satu keunggulan utama campervan adalah fleksibilitasnya. Kamu bisa memilih destinasi liburan sesuai keinginanmu tanpa harus terpaku pada hotel atau akomodasi lainnya. Selain itu, dengan campervan, kamu bisa merasakan kebebasan dan kesempatan untuk lebih dekat dengan alam dan mengikuti ritme perjalananmu sendiri.


(Baca juga: Ini Dia 5 Tips yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Solo Traveling)



(Ini dia hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan campervan. Foto: Dok. Alan Caldwell/Pexels)


Oleh karena itu, kalau kamu mau melakukan campervan kamu bisa pilih destinasi yang menawarkan keindahan alam. Misalnya, pantai-pantai terpencil, pegunungan yang sejuk, atau danau-danau indah. Di tempat-tempat seperti ini, kamu bisa menikmati kebebasan berkemah dengan campervan sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan.


Namun, sebelum itu kamu perlu memerhatikan lima essential kit ini terlebih dahulu!


1. Kit P3K


Ketika menjelajahi alam bebas dengan campervan, kecelakaan kecil bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah membawa kit P3K dan tentunya kit P3Kmu harus dilengkapi dengan perban, plester, obat-obatan dasar seperti obat pereda nyeri, obat anti alergi, dan antiseptik. Jangan lupa juga untuk memeriksa ketersediaan peralatan darurat seperti gunting, pinset, dan termometer.


2. Lampu senter dan baterai cadangan


(Ini dia hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan campervan. Foto: Dok. Amanda K/Pexels)


Ketika kamu pergi campervan di tempat yang gelap atau saat melakukan perjalanan malam hari, lampu senter akan menjadi sahabatmu yang setia. Pastikan kamu membawa lampu senter yang kuat dan baterai cadangan yang mencukupi untuk menjaga perangkat elektronik kamu tetap aktif. 


3. Selalu bawa GPS dan peta lokal


Saat ini ada banyak campervan dilengkapi dengan sistem navigasi modern, tetapi membawa GPS dan peta lokal sebagai cadangan adalah langkah yang perlu kamu siapkan juga. Terkadang, sinyal GPS bisa hilang di daerah terpencil atau pegunungan. Dengan memiliki peta lokal, kamu bisa tetap mengarahkan perjalananmu tanpa khawatir tersesat. Selain itu, peta lokal juga bisa membantumu menemukan lokasi-lokasi menarik yang tidak tercantum di GPS, lho!


4. Selalu sedia uang tunai


(Ini dia hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan campervan. Foto: Dok. Koolshooters/Pexels)


Siapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup saat kamu memilih berlibur dengan campervan. Beberapa tempat mungkin tidak menerima pembayaran dengan kartu, atau kamu mungkin memerlukan uang tunai untuk membayar parkir dan tol. Menyediakan uang tunai juga bisa berguna dalam situasi darurat atau jika terjadi gangguan pada mesin ATM di daerah yang terpencil.


5. Bawa selimut yang hangat


Meskipun kamu telah membawa selimut foil sebagai perlengkapan lainnya, memiliki selimut yang hangat juga penting untuk meningkatkan kenyamanan tidurmu di dalam campervan. Terutama jika kamu berencana untuk berkemah di daerah yang memiliki suhu malam yang rendah, selimut yang hangat akan membantu kamu menjaga tubuhmu tetap hangat.


(Baca juga: Hidden Gem! Ini 5 Negara yang Paling Jarang Dikunjungi)


Sebelum memulai petualangan campervanmu, pastikan kamu telah mempersiapkan essential kit ini dengan baik ya! Menyediakan perlengkapan yang tepat tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan dan keamananmu selama perjalanan, tetapi juga memberikan kepercayaan diri dan kebebasan untuk menjelajahi destinasi dengan tenang.


(Penulis: Adila Firani)


Food & travel