Life & health

Asam Lambung Naik? Konsumsi Buah dan Sayur Ini!

By : Her World Indonesia - 2024-05-28 18:00:02  Asam Lambung Naik? Konsumsi Buah dan Sayur Ini!

Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh lambung untuk mencerna makanan. Cairan ini penting untuk proses pencernaan, tetapi ketika kadar asam lambung meningkat melebihi batas normal, bisa menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa penyebab umumnya termasuk pola makan tidak sehat, stres, obesitas, merokok, dan konsumsi alkohol. Ketika terlalu banyak asam lambung diproduksi, itu bisa merusak lapisan lambung dan menyebabkan gejala seperti sensasi terbakar di dada, rasa terbakar, mual, dan bahkan muntah.


(Baca juga: Hati-hati, 5 Ikan Ini Memiliki Kolesterol Jahat)


Jika asam lambung tidak ditangani dengan baik, bisa berdampak serius pada kesehatan kamu. Salah satu dampaknya adalah terjadinya luka pada lambung atau kerongkongan, yang dapat menyebabkan perdarahan atau infeksi. Selain itu, asam lambung yang terus-menerus naik ke kerongkongan bisa menyebabkan terjadinya esofagitis atau bahkan kanker esofagus. Oleh karena itu, penting untuk mengelola asupan gizi dan nutrisi yang kamu konsumsi setiap harinya.


Untuk mengurangi produksi asam lambung yang tinggi, kamu bisa mulai aktif mengonsumsi buah dan sayur ini.


1. Pisang


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Juan Salamanca/Pexels)


Pisang adalah salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi ketika kamu menderita asam lambung naik. Pisang mengandung bahan alami yang disebut pektin, yang membantu menstabilkan pH lambung dan melindungi dinding lambung dari iritasi. Selain itu, tekstur lembutnya juga membantu menenangkan lambung yang teriritasi. Konsumsilah pisang sebagai camilan sehat atau tambahkan ke dalam smoothie untuk mendapatkan manfaatnya.


2. Apel


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Aphiwat/Pexels)


Apel kaya akan serat larut, terutama pektin yang dapat membantu menetralkan asam lambung berlebih dan mencegah iritasi lambung. Mengonsumsi apel secara teratur juga dapat membantu menjaga sistem pencernaanmu tetap sehat. Namun, pastikan kamu menghindari mengonsumsi varietas apel yang terlalu asam yang mungkin dapat memicu peningkatan asam lambung. Pilihlah apel manis seperti Fuji atau Honeycrisp untuk hasil terbaik.


3. Alpukat


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Mali Maeder/Pexels)


Alpukat adalah sumber lemak sehat dan serat yang baik, membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk kamu yang memiliki masalah asam lambung. Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu melapisi dinding lambung kamu dan mengurangi iritasi, sementara seratnya membantu menjaga pencernaan tetap lancar.


4. Kentang


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Pixabay)


Kamu harus tahu jika kentang mengandung pati resisten sejenis serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh yang dapat membantu melindungi lambung dari iritasi dan menyeimbangkan kadar asam. Jika asam lambung naik, kamu bisa konseumsi kentang yang dimasak dengan cara direbus atau dipanggang daripada digoreng, untuk menghindari penambahan lemak yang dapat memperburuk gejala.


5. Brokoli


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Pixabay)


Brokoli adalah salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan pencernaanmu secara keseluruhan. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melindungi dinding lambung dari kerusakan.


6. Kubis


(Konsumsi buah dan sayur ini untuk mengurangi dan mengatasi asam lambung. (Foto: Dok. Sebastian Coman/Pexels)


Kubis adalah sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dalam kubis membantu mengikat asam lambung berlebih dan mencegahnya naik ke atas kerongkongan. Selain itu, kubis juga mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu melindungi dinding lambung dari peradangan. Cobalah menambahkan kubis ke dalam salad, tumisan, atau membuat kimchi untuk variasi dalam diet sehatmu.


(Baca juga: Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita)


Dengan mengonsumsi jenis buah dan sayuran ini, kamu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik dan meningkatkan kesehatan lambungmu secara keseluruhan. Hal paling penting dan wajib kamu ingat adalah konsisten untuk terus menjaga pola makan seimbang dan sehat, serta konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi kesehatanmu.


(Penulis: Adila Firani)


Life & health